Selasa, 09 Maret 2010

ETIKA PROFESI DALAM BERPROFESI DI DUNIA TEKNOLOGI INFORMASI

Etika dalam berprofesi di dunia TI

Sebelum kita tahu bagaimana etika profesi di dunia teknologi informasi,ada baiknya kalau kita mengetahui dahulu apa arti etika dan profesi itu sendiri...

PENGERTIAN ETIKA
Apakah etika, dan apakah etika profesi itu ? Kata etik (atau etika) berasal dari kata ethos (bahasa Yunani) yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat. Sebagai suatu subyek, etika akan berkaitan dengan konsep yang dimilki oleh individu ataupun kelompok untuk menilai apakah tindakan-tindakan yang telah dikerjakannya itu salah atau benar, buruk atau baik.
Dalam pergaulan hidup bermasyarakat, bernegara hingga pergaulan hidup tingkat internasional di perlukan suatu system yang mengatur bagaimana seharusnya manusia bergaul. Sistem pengaturan pergaulan tersebut menjadi saling menghormati atau yang lebih dikenal dengan sebutan sopan santun, tata krama, dan lain-lain. Menurut para ahli maka etika tidak lain adalah aturan prilaku, adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk.
PENGERTIAN PROFESI
Profesi Istilah profesi telah dimengerti oleh banyak orang bahwa suatu hal yang berkaitan dengan bidang yang sangat dipengaruhi oleh pendidikan dan keahlian, sehingga banyak orang yang bekerja tetap sesuai. Tetapi dengan keahlian saja yang diperoleh dari pendidikan kejuruan, juga belum cukup disebut profesi. Tetapi perlu penguasaan teori sistematis yang mendasari praktek pelaksanaan, dan hubungan antara teori dan penerapan dalam praktek
Etika Profesi di Bidang IT
Etika Komputer
Perkembangan teknologi yang terjadi dalam kehidupan manusia, memberikan banyak perubahan pada cara berpikir manusia, baik itu di dalam usaha pemecahan masalah, perencanaan maupun juga dalam pengambilan keputusan. Perubahan yang terjadi pada cara berpikir manusia sebagai salah satu akibat adanya perkembangan teknologi tersebut, sedikit banyak akan berpengaruh terhadap pelaksanaan dan cara pandang manusia terhadap etika dan norma-norma dalam kehidupannya.
Teknologi Informasi (TI) merupakan teknologi yang selalu berkembang baik secara revolusioner (seperti misalnya perkembangan dunia perangkat keras) maupun yang lebih bersifat evolisioner (seperti yang terjadi pada perkembangan perangkat lunak). Hal itu mengakibatkan bahwa pekerjaan di bidang teknologi informasi
menjadi suatu pekerjaan di mana pelakukanya harus terus mengembangkan ilmu yang dimilikinya untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi tersebut.
Etika komputer adalah menentukan apa yang kita lakukan dan bagaimana teknologi komputer digunakan.
pokok-pokok etika komputer adalah kejahatan komputer,cyber ethic,e-commerce,pelanggaran hak atas kekayaan hak intelektual dan tanggung jawab profesi.
a. Kejahatan Komputer
Kejahatan yang ditimbulkan secara ilegal,contohnya : penyebaran virus,spam email dll
b. E-commerce.
Model perdagangan yang menggunakan mekanisme eletronik yang ada pada jaringan internet.
c. Pelanggaran hak atas kekayaan hak intelektual dan tanggung jawab profesi
Informasi yang berbentuk digital sehinggga mudah untuk di salin akan menimbulkan permasalahan.contohnya: pembajakan perangkat lunak,penjualan cd ilegal.
.
http://princeznaj.blogspot.com/

Tidak ada komentar: